BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Januari 2009

Jenis-jenis Otot

Menurut tempat melekatnya ada otot rangka dan otot kulit:
a.Otot rangka
Otot rangka disebut juga otot lurik karena sesuai namanya mempunyai bagian yang gelap dan terang menyerupai garis lurik. Otot lurik ini terdiri dari serabut-serabut otot, apabila menggabung semuanya disebut kulit. Setiap gabungan serabut diselaputi oleh suatu selaput disebut fasia propria. Gabungan dari seluruh serabut diseluputi lagi oleh fase supersial.
b.Otot polos
Otot polos berbentuk kumparan, yaitu kedua ujungnya meruncing dengan bagian tengahnya membesar dan mempunyai satu inti sel. Kerja otot polos tidak dipengaruhi oleh kehendak kita, maka otot ini disebut otot tak sadar.
Otot polos mempunyai karakteristik yang lain, yaitu: tidak melekat pada tulang, aktivitasnya lambat dan teratur, mampu berkontraksi dalam waktu yang lama, tidak mudah lelah, gerakannya berada dalam kendali saraf otonom (tidak sadar), banyak dijumpai di lambung, usus, indung telur paru-paru, dan pembuluh darah.
c. Otot jantung
Terdiri dari serabut otot yang bercabang-cabang dan berinti banyak. Kerja otot jantung kontraksinya dipengaruhi oleh saraf tidak sadar. Otot jantung terus berkontraksisepanjang waktu dengan gerakan yang teratur berirama dalam memompa darah keseluruh tubuh. Denyut jantung disebabkan kontraksi otot jantung secara normal. Pada orang dewasa berlangsung 72 kali setiap menit. Setiap berkontraksi sangat memerlukan oksigen yang cukup. Bila jantung tidak mendapat oksigen selama 30 detik saja, kontraksi jantung akan berhenti.

0 komentar: